Tahap Pertamatahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Urutan Pertama Proses dan Prosedur Kerja di Kapal Pesiar, Interview Agen

Ilustrasi Interview Kapal Pesiar

Pada menu ini kita akan membahas tahap pertama sekaligus tahap awal bekerja di kapal pesiar. Tahapan bekerja di kapal pesiar dari awal hingga selesai kami rangkum dalam menu Tahapan dan Prosedur yang dapat anda baca lengkap pada menu tersebut. Tahap pertama dalam anda melamar pekerjaan di kapal pesiar adalah tahap interview kapal pesiar atau wawancara dengan Agen Kapal Pesiar dilanjutkan dengan ( masih di menu tahap pertama ) yakni Tes Marlins atau Marlins Test.

 

Tahap melamar dan interview kapal pesiar di agen ini merupakan tahapan pertama yang perlu anda lakukan setelah anda memiliki Persyaratan Umum Kerja di Kapal Pesiar. Pada tahap interview kapal pesiar ini harus masuk ke salah satu agen kapal pesiar yang ada di Indonesia. Ada beberapa agen kapal pesiar (Manning Agency) yang ada di Indonesia, seperti

  1. Alpha Magsaysay yang berlokasi di Jakarta Pusat
  2. SBI Sumber Bakat Insani yang berlokasi di Jakarta Pusat
  3. Ratu Oceania Raya yang berlokasi di Bintaro Sektor 7, Tangerang, Banten
  4. CTI Group yang memiliki 3 cabang, yakni CTI Jakarta di Slipi, CTI Bali di Denpasar dan CTI Jogjakarta di Bantul
  5. Indomarino Maju yang berlokasi di Tanjung Priok

 

Selain agen di atas masih ada juga agen-agen kapal pesiar lain yang bisa anda pilih. Syarat untuk masuk agen kapal pesiar kurang lebih sama dengan prosedur melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan lain, bedanya proses interview kapal pesiar di agen akan menuntut anda untuk dapat menguasai bahasa inggris dengan baik.

 

 




 

Beberapa agen kapal pesiar membuka kesempatan bagi anda untuk melamar masuk ke agen tersebut setiap hari kerja (senin-jumat), namun ada juga agen yang hanya membuka kesempatan bagi anda untuk masuk ke agen tersebut pada saat diadakan Walk in Interview pada tanggal tanggal tertentu. Untuk itu anda harus terus update dengan membuka website agen-agen tersebut agar tidak ketinggalan informasi.

 

Walk in Interview biasanya diadakan di kota-kota tertentu seperti Jakarta, Bali dan Jogjakarta. Apabila anda tidak berdomisili di kota tempat diadakannya Walk in Interview, anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mendatangi kota tersebut untuk mengikuti Walk in Interview.

 

Dokumen yang perlu anda bawa pada saat Walk in Interview, sama seperti melamar pekerjaan, meliputi

  • CV
  • Surat Lamaran Pekerjaan
  • Pas Foto 3×4 dan 4×6 berbeda tergantung kebijakan masing-masing agen
  • Dokumen pendukung

 

Yang dimaksud dokumen pendukung disini adalah segala bentuk dokumen atau sertifikat yang anda miliki yang dapat memberikan nilai lebih pada diri anda ketika di Interview, contoh : Ijazah Terakhir , Sertifikat Training (minimal 6 bulan), dan sertifikat-sertifikat lain yang berhubungan.

 

 




 

 

Setelah dokumen anda diperiksa anda akan di Interview oleh pihak agen. Pada tahap ini Interview biasanya dilakukan oleh orang Indonesia. Anda harus menguasai bahasa inggris dengan baik apabila anda ingin lolos pada tahap ini. Tahap interview agen ini akan langsung kita ketahui hasilnya saat itu juga. Apabila anda belum cukup memenuhi syarat baik dalam segi pengalaman maupun penguasaan bahasa inggris, anda akan diminta untuk belajar lagi atau mencari pengalaman lagi.

Selanjutnya baca : Tahap Awal Bekerja di Kapal Pesiar, Marlins Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *