proses join kapal pesiarTahap Terakhirtahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Tahap Terakhir Kerja Kapal Pesiar, Revalidasi Medical Checkup dan Briefing

Medical checkup pelaut

Pada menu Tahapan dan Proses bekerja di kapal pesiar ini, kita akan membahas tahapan awal hingga tahapan akhir proses melamar kerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Setelah sebelumnya kita membahas Tahap Kesembilan Kerja Kapal Pesiar pada artikel ini kita akan membahas tahap kesepuluh sekaligus tahap terakhir dalam prosedur melamar pekerjaan di sebuah perusahaan kapal pesiar. Tahap kesepuluh adalah tahap terakhir sebelum anda nantinya akan berangkat untuk join ke dalam sebuah kapal pesiar melalui beberapa negara di dunia.

 

Tahap kesepuluh adalah tahap revalidasi medical checkup. Revalidasi medical checkup merupakan proses yang harus anda lalu beberapa hari sebelum anda akan join di kapal pesiar. Agen kapal pesiar mengharuskan anda melakukan prosedur ini untuk memastikan bahwa anda fit dan siap untuk diberangkatkan ke kapal.

 

 



 

 

Tidak seperti prosedur medical checkup yang panjang dan menguras waktu serta tenaga, proses revalidasi cenderung lebih cepat dan singkat. Anda hanya perlu datang ke rumah sakit tempat anda melakukan medical checkup, menyampaikan tujuan anda bahwa anda ingin revalidasi medical checkup. Pihak rumah sakit yang sudah menyimpan data anda seperti yang tertullis pada artikel Tahap Kedua Kerja Kapal Pesiar, akan meminta anda menunggu beberapa saat diruang tunggu.

 

Kemudian anda akan di panggil menuju ruangan khusus untuk ditanyai beberapa pertanyaan oleh dokter. Sembari di tanya anda akan diperiksa kondisi fisik, kondisi kesehatan anda terkini, serta tekanan darah. Jika tidak ada masalah pada kondisi kesehatan terbaru anda maka anda dapat diberangkatkan ke kapal pesiar.

 

 




 

Setelah anda dinyatakan fit untuk berangkat anda harus datang ke agen untuk briefing singkat mengenai tata cara dan prosedur pemberangkatan anda. anda akan diberikan seluruh dokumen asli anda yang sudah anda berikan kepada agen, seperti paspor, dokumen pelaut, serta tiket pesawat dan dokumen lain yang berguna pada saat anda dalam perjalanan menuju kapal.

 

Baca juga : Briefing sebelum Embark atau Join ke Kapal Pesiar.

 

Anda juga harus menandatangani kontrak kerja, yang merupakan dokumen pernyataan kerjasama anda dengan agen dan kapal pesiar. Baca benar – benar isi dan pernyataan dalam kontrak kerja anda, karena segala bentuk hak dan kewajiban anda selama anda bekerja pada sebuah kapal pesiar tertuang di dalamnya.

 

Baca juga : Cruise Ship Diaries Proses Join di Kapal Pesiar, Embarkation Day

 

Anda akan diberikan beberapa lembar dokumen beserta kopian nya, yang nantinya perlu anda berikan pada pihak imigrasi di bandara. Anda juga akan diberikan izin memasuki sebuah negara yang harus anda tunjukkan pada pihak imigrasi bandara tujuan anda join ke kapal. Anda juga diberikan kertas yang berisi nomor telepon untuk keadaan darurat, seperti pesawat yang delay atau bahkan cancel, ketinggalan pesawat, kesulitan menemukan pihak ketiga yang seharusnya menjemput anda, dan lain sebagainya.

 

Baca juga : Cruise Ship Diaries, Proses Penjemputan Oleh Agen Lokal di Bandara Kedatangan

 

Anda tidak perlu khawatir, karena segala kemungkinan yang terjadi selama anda dalam perjalanan telah diantisipasi oleh agen. Jika anda ketinggalan pesawat pihak agen atau kapal pesiar dapat menyediakan tiket pengganti untuk anda. Namun tidak ada salahnya anda berdoa terlebih dahulu agar diberikan kelancaran dalam perjalanan anda.

 

Selanjutnya Silahkan Baca : Cruise Ship Diaries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *