Tahap Kesembilantahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Tahap Kesembilan Kerja Kapal Pesiar, Pembuatan Seafarer Identification Document (SID) dan Permohonan Visa

Tahapan mendaftar kerja kapal pesiar

Pada menu Tahapan dan Proses bekerja di kapal pesiar ini, kita akan membahas tahapan awal hingga tahapan akhir proses melamar kerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Kita sudah masuk pada tahap akhir yakni tahap kesembilan, yang juga merupakan tahap akhir dalam melamar kerja di kapal pesiar. Setelah sebelumnya kita telah membahas Tahap Kedelapan Kerja Kapal Pesiar, Vaksin Yellow Fever, Tahap kesembilan ini akan anda lalui setelah anda mendapatkan jadwal untuk embark atau berangkat ke kapal pesiar.

 

Lamanya waktu dalam anda menunggu jadwal berangkat ke kapal pesiar terbilang cukup variatif. Masing masing agen dan masing masing individu memiliki waktu menunggu yang berbeda beda. Pada suatu kasus seseorang bisa saja hanya menunggu selama 6 bulan dan mendapatkan jadwal, namun ada juga yang menunggu hingga 2 tahun sampai akhirnya mendapatkan jadwal.

 

Kondisi ini tergantung dari kebijakan masing masing agen. Jika agen anda membutuhkan orang dengan segera atau urgent maka bisa jadi anda tidak perlu menunggu terlalu lama, namun jika agen atau kapal yang bekerja sama dengan agen anda belum membutuhkan tenaga baru, maka anda bisa saja menunggu hingga 2 tahun seperti yang dialami beberapa kru.

 

Seafarer Identification Document (SID), atau lebih mudah disebut ID Pelaut pembuatannya terbilang cukup mudah. Anda dapat membuat ID pelaut ini melalui Agen anda. Dengan melalui Agen, pembuatan ID pelaut lebih mudah dan tidak berbelit – belit. Anda cukup datang ke agen dan membayar sejumlah uang untuk pembuatan SID. Setelah itu anda diharuskan datang ke kantor departemen perhubungan yang berlokasi di Jakarta Pusat.

 

 




 

Pastikan anda mengenakan pakaian yang rapi, berupa kemeja, celana panjang dan sepatu. Anda perlu mengenakan pakaian yang rapi karena anda akan diambil gambar yang akan diletakkan pada kartu SID anda.

 

Setelah membuat SID anda juga diharuskan untuk membuat Visa. Langkah pertama anda ingin membuat visa tentu saja anda sudah memiliki paspor. Visa merupakan attachment khusus berupa selembar kertas yang ditempelkan pada paspor anda. Bagi anda yang belum pernah bepergian keluar negeri, mungkin anda belum tahu bahwa mendapatkan Visa untuk masing masing negara, melalui prosedur yang berbeda beda. Dalam artikel ini saya akan membahas visa schengen.

 

Schengen adalah visa yang digunakan untuk anda yang ingin bepergian dan masuk melalui negara negara di Eropa. Ambil contoh saya akan join di kapal pesiar saya melalui negara itali, dengan teman saya yang join di Amsterdam, Belanda kami berdua menggunakan visa yang sama yaitu Schengen (dibaca syengen). Jadi melalui negara manapun anda masuk ke benua Eropa, Visa yang anda butuhkan adalah visa schengen.

 

 




 

Selanjutnya yang perlu anda ketahui mengenai visa adalah proses wawancara. Beberapa negara mensyaratkan pemohon visa datang ke kedutaan besar negara yang anda tuju. Misalnya anda akan join kapal di US, maka anda perlu datang ke kedutaan besar Amerika di jakarta untuk proses wawancara. Wawancara dimaksudkan agar pemberian visa ( yang bisa dibilang izin untuk memasuki negera mereka ) dengan tujuan yang jelas. Anda tidak akan diizinkan mencari visa jika tujuan berkunjung anda ke suatu negara tidak jelas.

 

Sebagai pelaut, kita dinilai cukup spesial dalam hal izin masuk negara. Faktanya ada beberapa negara di dunia (yang bukan hanya di asia tenggara saja) yang mengizinkan kita untuk masuk ke negaranya tanpa memiliki visa. Jika anda join di kapal di negara yang bebas visa maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan visa. Hal ini terjadi pada kontrak kedua saya dikapal, dimana saya akan join atau masuk ke kapal melalui negara Maroko. Pembuatan Visa ini juga akan memakan biaya yang berbeda – beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *