Tahap Kelimatahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Tahap Kelima Kerja Kapal Pesiar, Pembuatan Paspor, Seamen Book dan Dokumen Pelaut Lainnya

Pada menu Tahapan dan Prosedur bekerja di kapal pesiar ini, kita akan membahas tahapan awal hingga tahapan akhir proses melamar kerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Pada tahap ini kita akan mulai membahas proses pembuatan dokumen yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan bekerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Dokumen yang harus dimiliki seseorang untuk bekerja di kapal pesiar cukup banyak dan membutuhkan cukup banyak biaya dan proses.

 

Setelah selesai training oleh agen dan anda lulus training tersebut, anda akan diminta oleh agen untuk membuat paspor. Pembuatan paspor dilakukan di kantor Imigrasi di daerah anda. Yang perlu digaris bawahi dalam pembuatan paspor ini adalah, khusus bagi seorang pelaut, kita memiliki paspor khusus pelaut. Namun dengan menggunakan paspor biasa pun kita dapat merubahnya menjadi paspor pelaut dengan cara di endorse.

 

Biasanya agen akan menyediakan jasa endorse paspor pelaut yang dikenakan biaya sekitar 300rb. Biaya ini mungkin berbeda-beda antar agen dan tidak semua agen menyediakan jasa endorse paspor ini. Saya sendiri hanya menggunakan paspor biasa yang di endorse oleh agen saya. Untuk masalah paspor ini tergantung dari anda sendiri, apakah anda ingin membuat paspor pelaut, atau menggunakan paspor biasa yang akan anda endorse sendiri / melalui agen.

 

Pada dasarnya pembuatan paspor memerlukan syarat-syarat standar hanya saja anda akan diminta membawa Kartu Keluarga / KK Asli dan Ijazah terakhir anda. Jika anda tidak ingin repot dalam pembuatan paspor ini, anda dapat menggunakan jasa calo. Tentu saja membuat paspor melalui calo ini tidak disarankan, selain karena melalui jalan belakang dan merugikan orang lain (yang membuat paspor sesuai prosedur), pembuatan paspor melalui calo ini memakan biaya yang lebih mahal dan rawan penipuan.

 

Mengurus paspor sendiri sebenarnya tidak memakan waktu lama, anda hanya harus bersabar dalam mengantri dan menunggu giliran serta harus kembali lagi ke kantor imigrasi ini di minggu – minggu selanjutnya untuk proses berikutnya. Sekarang pembuatan paspor di Indonesia juga lebih mudah semenjak sistem pembuatan paspor disediakan online.

 

Selain membuat paspor anda juga harus membuat seamen book. Seamen book gambaran secara umum adalah buku pelaut, untuk mengetahui lebih banyak mengenai seamen book silahkan cek status buku pelaut anda dengan klik disini. Seperti hal nya paspor, agen kapal pesiar juga menyediakan jasa pembuatan seamen book ini. Seaman book juga dapat anda buat secara online untuk menghindari praktek pencaloan yang merugikan.

 

Untuk anda yang memiliki waktu luang, ada baiknya anda mencoba mengurus pembuatan paspor dan seamen book ini sendiri, karena anda akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan akan menghemat biaya yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *