Tahap Keenamtahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Tahap Keenam Kerja Kapal Pesiar, Pembuatan Basic Safety Training (BST)

Pada menu Tahapan dan Prosedur bekerja di kapal pesiar ini, kita akan membahas tahapan awal hingga tahapan akhir proses melamar kerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Pada tahap ini kita akan mulai membahas proses pembuatan dokumen yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan bekerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Setelah sebelumnya kita membahas Tahap Kelima, Pembuatan Paspor dan Seamen book, tahapan selanjutnya adalah pembuatan Basic Safety Training (BST) dan Safety and Security Awareness Training (SSAT).

 

Pada tahap ini akan dibagi pada 2 bagian lagi, yang pertama penjelasan mengenai prosedur pencarian BST dan bagian kedua penjelasan mengenai prosedur pencarian Crowd dan Crisis Management (CCM), dan Security and Safety Awareness Training (SSAT)

 

BST adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja di kapal pesiar maupun kapal tanker dan kargo. Semua agen dan perusahaan kapal pesiar pasti mengharuskan anda memiliki BST ini. Pembuatan BST dapat anda lakukan di training Centre, seperti Pertamina Maritime Training Centre (MTC). Sebenarnya pembuatan BST tidak harus di Pertamina MTC, ada banyak tempat untuk anda membuat BST ini, seperti di STIP Jakarta atau PIP Semarang, namun banyak agen yang menunjuk Pertamina MTC sebagai rujukan tempat membuat BST.

 

Pembuatan BST di Pertamina MTC memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan mendatangi langsung Pertamina MTC. Anda akan melihat jajaran loket yang berisikan informasi prosedur pendaftaran BST dan Dokumen lain. Pada loket – loket tersebut akan tampak dokumen-dokumen apa saja yang harus anda siapkan. Pada tahap ini anda harus sabar, karena banyaknya pencari BST, lama antrian pun bervariasi tergantung waktu anda datang dan mengumpulkan berkas.

 

Yang perlu digarisbawahi disini adalah anda sudah harus membawa uang untuk membayar biaya training. Biaya pembuatan BST mungkin selalu berubah tiap tahun, untuk informasi lebih update anda bisa membuka situs Pertamina MTC. Setelah anda mendaftar dan membayar uang untuk pembuatan BST anda harus menunggu untuk mendapatkan kelas BST.

 

Ketersediaan kelas BST tergantung dari waktu anda mendaftar, jika anda mendaftar disaat kelas tidak tersedia maka anda harus menunggu 1-2 minggu untuk mendapatkan kelas BST atau bahkan lebih lama. Jika anda mendaftar pada saat masih tersedia kelas dalam waktu dekat, anda hanya perlu menunggu beberapa hari untuk dapat mengikuti kelas BST.

 

Setelah anda mendapatkan kelas, mentor akan memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi pelaut yang akan bekerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Yang pertama Anda akan mendapatkan materi tentang cara pemadaman api atau firefighting. Tidak hanya materi di kelas tetapi anda juga akan mendapatkan praktek firefighting. Anda akan berlatih cara menggunakan fire estinguisher, breathing apparatus, fire nozzle dll. Anda diharuskan memraktekkan beberapa standar penanganan kebakaran dari berbagai macam jenis dan klasifikasi api dan cara menanganinya.

 

Kedua anda akan medapatkan materi mengenai dasar penanganan korban atau pertolongan pertama. Anda akan dilatih memberikan pertolongan kepada seseorang yang tidak sadarakan diri, seseorang yang pingsan dan tidak bernafas lagi, serta korban meninggal dunia.

 

Yang terakhir anda akan memperoleh pengetahuan mengenai cara bertahan hidup atau survival, terutama cara bertahan hidup di laut. Anda akan belajar menggunakan pelampung dengan benar, cara melompat ke air dari ketinggian, cara membalikkan liferaft atau sekoci penyelamat, dll.

 

Selanjutnya Baca : Pembuatan Crowd dan Crisis Management (CCM),dan Security and Safety Awareness Training (SSAT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *