Tahap Keduatahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Tahap Kedua Kerja Kapal Pesiar, Medical Check Up di Rumah Sakit Khusus Pelaut

Ilustrasi Medical Check Up Pelaut

Sebelumnya kita telah membahas Tahap Pertama Kerja di Kapal Pesiar selanjutnya kita akan membahas tahap kedua dalam proses bekerja dikapal pesiar yakni medical check up. Masing – masing agen kapal pesiar memiliki rumah sakit rujukan medical check up yang berbeda – beda, namun rumah sakit khusus pelaut seperti Rumah Sakit Puri Medika dapat anda jadikan referensi yang bagus karena dipercaya oleh banyak agen kapal pesiar. Bagaimana prosedur dan tahapan medical checkup ? Berikut akan kita bahas urutan – urutannya.

 

Tahap pertama anda melakukan medical check up adalah isi biodata dan informasi. Anda akan difoto diruangan khusus yang akan dicetak pada hasil medical check up anda. Setelah mengisi biodata anda akan menjalani test darah dan urine. Prosedur pelaksanaan test darah dan urine dilakukan dengan mengambil sampel darah dan urine seperti biasa. Anda juga diminta untuk foto rontgen untuk mengetahui kondisi paru paru anda.

 

Tahap selanjutnya anda akan diminta untuk melanjutkan pemeriksaan mata, pendengaran, dan gigi. Pada pemeriksaan mata anda akan diminta membaca huruf dan angka dari jarak tertentu. Anda juga diminta membaca angka pada buku berwarna untuk memastikan bahwa anda bukan seseorang yang buta warna.

 

 




 

Pada pemeriksaan pendengaran anda akan diminta untuk masuk ke bilik seperti telepon umum, dan diminta untuk mengenakan headset. Anda diminta untuk menekan tombol yang disediakan apabila anda mendengar bunyi dari headset yang anda kenakan. Bunyi dari headset tersebut adalah bunyi bip bip bip yang semakin lama akan semakin pelan. Test tersebut dilakukan untuk mengetahui kepekaan telinga anda.

 

Setelah test pendengaran anda harus menjalani pemeriksaan gigi. Apabila ada gigi yang berlubang maka anda diharuskan untuk menambalnya. Apabila ada gigi anda yang rusak parah anda akan diminta untuk mencabutnya.

 

 




 

 

Setelah beberapa tes tersebut anda akan masuk ke ruangan untuk di tes riwayat penyakit anda dan tes irama jantung. Jika anda tidak memiliki riwayat penyakit kronis maka anda dapat dinyatakan lulus medical check up. Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan vaksin tertentu. Ada beberapa jenis vaksin yang diminta ketika anda akan bekerja di kapal pesiar.

 

Ilustrasi medical check up pelaut
Ilustrasi medical check up pelaut

 

Itulah tadi sekilas medical check up yang harus anda lakukan sebelum anda melanjutkan proses untuk bekerja dikapal pesiar selanjutnya. Ada baiknya sebelum melakukan medical check up anda menjaga kesehatan tubuh terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *