Crew Areajabatan laundry kapal pesiarlaundryman kapal pesiar

Laundryman Kapal Pesiar, Proses Pengeringan Uniform Bawahan Oleh Laundryman

Laundry di Kapal Pesiar

Membahas seluk beluk pekerjaan, tugas dan tanggung jawab kru kapal pesiar. Membahas tugas dan tanggung jawab seorang laundryman di kapal pesiar. Setelah sebelumnya kita membahas Proses Pengeringan Uniform Berupa Kemeja dan Atasan. Pada artikel ini kita akan membahas proses pengeringan pakaian bawahan, seperti celana dan skirt atau rok. Apa perbedaan proses pengeringan atasan dan bawahan ?

 

Perbedaan yang paling mendasar pada proses pengeringan berbagai material di laundry kapal pesiar adalah perbedaan pengaturan suhu dan waktu pengeringan. Sebagai seorang laundryman atau dryerman yang bekerja dengan berbagai material dan bahan, kita harus berhati – hati dalam menghandle masing – masing material agar tidak rusak.

 

Celana yang digunakan oleh kru kapal pesiar pun tidak semuanya sama. Terdapat celana dengan bahan tebal yang akan membutuhkan waktu lama untuk kering, dan ada celana dengan bahan tipis yang hanya perlu memerlukan waktu beberapa menit untuk kering.

 

 

Proses Pengeringan Uniform Kru Kapal Pesiar Oleh Laundryman, Proses Pengeringan Material Laundry Celana Bahan Tipis

Celana bahan tipis merupakan material uniform di yang paling cepat kering. Celana bahan tipis hanya memerlukan waktu 8-10 menit untuk menjadi kering dengan sempurna. Yang perlu ditekankan disini adalah proses cooling / pendinginan, celana bahan yang selesai dikeringkan harus dikeringkan agar bahan celana tidak kembali menjadi kusut setelah dibiarkan dalam waktu yang lama.

Setelah melalui proses pengeringan dan pendinginan, celana bahan tidak perlu lagi untuk disetrika karena celana sudah menjadi halus.

 

 

Proses Pengeringan Uniform Kru Kapal Pesiar Oleh Laundryman, Proses Pengeringan Material Laundry Celana Bahan Tebal

Hampir sama dengan celana berbahan tipis, celana bahan tebal juga merupakan material uniform yang cepat kering. Namun celana bahan tebal membuthkan waktu yang sedikit lebih lama, yaitu sekitar 12-15 menit dan memerlukan proses pendinginan secukupnya.

 

 

Proses Pengeringan Uniform Kru Kapal Pesiar Oleh Laundryman, Proses Pengeringan Material Laundry Celana Katun dan Celana Pendek Tebal

Celana katun merupakan celana yang dipakai oleh departemen Galley dan Cook atau Koki. Celana Katun bisa juga digabung dengan celana kolor pendek. Celana ini memerlukan waktu yang cenderung lama, yaitu antara 20-25 menit. Untuk memeriksa proses pengeringan pada celana ini, apakah telah kering dengan sempurna atau belum, anda dapat mengeceknya pada bagian pinggang, karena bagian ini merupakan bagian paling tebal, yang dapat digunakan sebagai acuan kering-tidaknya celana anda.

 

 

Proses Pengeringan Uniform Kru Kapal Pesiar Oleh Laundryman, Proses Pengeringan Material Laundry Celana Jeans

Celana Jeans tebal / dikenal dengan levis oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Celana jenis ini merupakan material yang paling memerlukan waktu lama dalam proses pengeringannya. Celana jeans pendek maupun panjang baru akan kering dengan sempurna setelah 25-30 menit proses pengeringan.

Proses pengeringan celana seperti yang dijelaskan diatas menggunakan asumsi bahwa mesin pengering diisi dengan kapasitas normal. Waktu pengeringan bisa saja lebih cepat atau lebih lambat apabila material tersebut dimasukkan ke mesin pengering dalam jumlah lebih sedikit, maupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *