Crew Areajabatan laundry kapal pesiarlaundryman kapal pesiar

Laundry Kapal Pesiar Membahas Proses Pengeringan Towel dan Linen Oleh Dryerman

Laundry di Kapal Pesiar

Membahas seluk beluk bekerja di kapal pesiar. Memberikan informasi mengenai deksripsi pekerjaan di kapal pesiar. Deksripsi dan penjelasan mengenai job description kru kapal pesiar. Pada artikel ini kita akan membahas prosedur pengeringan towel dan linen di kapal pesiar. Towel atau handuk dan linen merupakan material paling banyak di laundry kapal pesiar.

 

 

Proses pengeringan towel atau handuk, oleh laundryman kapal pesiar

Towel bisa dibilang merupakan ‘musuh’ terbesar seorang Dryerman, Towel merupakan material paling banyak, paling berat, dan paling lama untuk di dry. Towel tidak hanya satu jenis, ada Bath Towel, Hand Towel, Face Towel, Bath Mat dan Pool Towel.

 

Hampir semua towel memiliki waktu pengeringan yang sama, yang berbeda hanya Pool Towel yang memiliki waktu pengeringan lebih cepat karena materialnya terbilangnya lebih tipis. Towel lain selain pool towel memiliki waktu pengeringan 35 – 40 menit dengan muatan dryer normal (tidak banyak tidak sedikit) atau sepertiga dari besar drum dryer.

 




 

Pool towel memiliki waktu pengeringan lebih cepat. Jika towel lain memerlukan waktu 35-40 menit, pool towel hanya memerlukan waktu 30-35 menit.

 

Selain Pool towel ada juga towel khusus untuk spa.Spa Towel ini memerlukan waktu pengeringan yang sama dengan Pool Towel yaitu 30-35 menit. Yang perlu diperhatikan disini adalah Spa Towel HARUS melalui proses cooling atau pendinginan minimal 20 menit dikarenakan Spa Towel mengandung material minyak yang mudah terbakar apalagi dalam keadaan panas.

 

 



Proses pengeringan linen, oleh laundryman di kapal pesiar

Selain pengeringan uniform, dryerman juga memiliki tanggung jawab untuk mengeringkan linen dan towel. Tidak semua linen yang selesai dicuci oleh Assistant Washer perlu dimasukkan ke dalam mesin pengering. Hal ini disebabkan material linen yang tipis akan rusak apabila dimasukkan ke mesin pengering, dan juga material linen yang tipis tersebut dapat langsung kering setelah dimasukkan ke dalam mesin Manggano.

 

 




Material linen yang perlu di dry adalah Duvet Cover. Material ini perlu dikeringkan dikarenakan bahan Duvet Cover cukup tebal. Material ini perlu dikeringkan dengan waktu 8-10 menit. Waktu yang diperlukan cukup singkat dikarenakan material ini harus di press di mesin manggano dalam keadaan setengah basah agar hasilnya halus secara maksimal.

 

 

Selain Duvet Cover material linen yang perlu di dry lainnya adalah pillow case. Material ini sebenarnya tidak terlalu tebal, tetapi karena jumlahnya yang cukup banyak maka material ini perlu dikeringkan. Waktu pengeringannya juga tidak terlalu lama, yaitu 8-12 menit.

Baik material Duvet Cover maupun Pillow Case keduanya tidak boleh dikeringkan melebihi waktu tersebut, dikarenakan apabila material tersebut terlalu kering hasil press di mesin manggano tidak akan maksimal dan material tersebut akan menjadi kusut.

 

 

Selain Duvet Cover dan Pillow Case, Napkin juga merupakan salah satu material yang perlu di dry. Napkin di kapal pesiar terdiri dari 2 macam napkin, yaitu Napkin Buffet dan Napkin Restaurant. Napkin Buffet lebih tebal dari Napkin Restaurant, Napkin Buffet memerlukan waktu 15-20menit untuk menjadi kering, sementara Napkin Restaurant hanya memerlukan waktu 8-10 menit.

 

 

Baca juga : Mengenal Proses Pengeringan Laundry di Kapal Pesiar oleh Dryerman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *