buku harian pelautcatatan pekerja kapalCruise Ship Black Booksisi lain pekerja kapal

Kerja di Kapal Pesiar, Kerja Sambil Jalan Jalan di Luar Negeri Gratis, Benarkah ?

Kru Kapal pesiar di Amsterdam

Pada menu Cruise Ship Black Book ini kita akan membahas sisi lain dari profesi seseorang yang bekerja di kapal pesiar. Menu ini berisi seluk beluk dan sisi lain dari kehidupan di kapal pesiar yang tidak banyak diketahui oleh orang lain. Pada artikel ini kita akan membahas paradigma publik, mengenai bekerja di kapal pesiar. Benarkah bekerja di kapal pesiar adalah kerja sambil jalan – jalan ke luar negeri ?

 

Perusahaan kapal pesiar memang kebanyakan berada di luar negeri, seperti di Eropa, Amerika, Australia, dll. Jadi memang bisa dibilang benar, bahwa seseorang yang bekerja di kapal pesiar mendapatkan kesempatan untuk kerja sambil jalan – jalan ke luar negeri. Tetapi apakah gratis ? hal ini yang tidak sepenuhnya benar. Beberapa agen kapal pesiar mengharuskan kru kapal pesiar untuk membeli tiket pesawat ( menuju ke negara tempat kru akan join kapal pesiar ) sendiri, atau dengan biaya kita sendiri. Jadi tidak semua perusahaan dan agen kapal pesiar menanggung biaya perjalanan kru kapal pesiar.

 




Benarkah kita bisa jalan – jalan ke negara tempat kapal pesiar singgah sementara ? hal ini bisa dibilang 80% tidak benar. Ketika anda bekerja di kapal pesiar, jam kerja anda akan sangat padat apapun jabatan anda. Beberapa orang memiliki kesempatan untuk berjalan – jalan keluar kapal namun hanya dalam waktu singkat. Waktu istirahat siang yang singkat ini yang biasanya dimanfaatkan kru kapal pesiar untuk keluar jalan – jalan. Seberapa singkat waktu yang dimiliki ?

 

Jawabannya tergantung dari jabatan dan posisi anda di kapal pesiar, ada yang memiliki waktu istirahat siang 2 jam, ada yang hingga 4 jam atau bahkan ada yang lebih dari 4 jam. Jadi apabila seorang kru kapal pesiar ingin keluar dan jalan – jalan, mereka harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin yang sangat singkat. Bayangkan hanya dalam waktu 2 jam anda harus makan siang dahulu, selanjutnya ganti baju, kemudian berjalan dari pelabuhan ke pusat kota atau setidaknya pusat keramaian.

 




 

Meskipun demikian tidak jarang sebuah kota di Eropa atau Amerika memang menyediakan sarana dan prasarana transportasi gratis menuju ke pusat kota, atau bahkan pusat kota terletak sangat dekat dengan pelabuhan yang dapat ditempuh dalam waktu beberapa menit dengan berjalan kaki. Untuk dapat sampai pusat kota dan kembali ke kapal pesiar dalam waktu yang amat singkat, tidak jarang kru kapal harus berjalan cepat bahkan berlari menuju ke pusat kota maupun pusat keramaian.

 

Kru Kapal pesiar di Amsterdam
Kru Kapal pesiar di Amsterdam

 

Apabila seorang kru kapal pesiar, berswafoto diluar kapal, sudah dapat dipastikan lokasi foto tersebut adalah lokasi yang dekat dengan pelabuhan. Jika anda perhatikan tidak sedikit kru kapal pesiar yang berfoto – foto diluar kapal dengan masih menggunakan seragam kerja, agar menyingkat waktu.

 

Kru kapal pesiar
Kru kapal pesiar

 

Masih beranggapan bahwa bekerja di kapal pesiar adalah kerja sambil jalan – jalan gratis keluar negeri ? pikirkan kembali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *