buku harian pelautcatatan pekerja kapalCruise Ship Diaries

Kehidupan di Kapal Pesiar Bulan Ramadhan di Kapal Pesiar dan Puasa di Negeri Orang

Suasana Lebaran di Kapal Pesiar

Membahas seluk beluk kehidupan di kapal pesiar. Membahas kehidupan di kapal pesiar dari berbagai aspek dan sudut pandang. Pada artikel ini kita akan membahas sebuah bulan yang sangat spesial yakni Bulan Ramadhan. Sebagai kru kapal pesiar yang bekerja di kapal pesiar lebih dari 8 bulan, kru kapal pesiar banyak yang menjalani Bulan Ramadhan di kapal pesiar. Kru kapal pesiar juga berpuasa dan berbuka puasa mengikuti waktu tempat negara terdekat kapal pesiar kita berada.

 

Suasana Ramadhan di kapal pesiar terasa sangat berbeda dibandingkan dengan bulan bulan lainnya. Pengalaman berpuasa di kapal pesiar akan sangat berbeda – beda dirasakan oleh kru kapal pesiar dengan perusahaan kapal pesiar yang berbeda. Kapal dengan banyak kru dari Indonesia seperti Holland American Line akan terasa sangat kental dan akrab dengan nuansa Ramadhan.

 

 

Suasana Lebaran di Kapal Pesiar
Suasana Lebaran di Kapal Pesiar

 

 

Selain kapal dengan mayoritas kru dari Indonesia atau kru dengan kepercayaan muslim, Ramadhan juga tetap terasa spesial. Pada bulan Ramadhan kru dari Indonesia atau kru muslim akan menggelar buka puasa bersama dan sahur setiap hari. Kru akan diminta iuran yang ditentukan dengan kesepakatan bersama yang digunakan untuk membayar kru khusus yang akan memasak makanan pada waktu sahur.

 

Sahur di kapal pesiar juga mengikuti waktu sahur di Indonesia, meski kadang Imsak lebih cepat beberapa jam di luar negeri. Bulan Ramadhan pada tahun 2017 2018 kemaren berlangsung pada musim panas di berbagai negara di Eropa. Dikarenakan musim panas maka puasa di Eropa berlangsung hingga 17 Jam. Benar 17 JAM PUASA.

 

Hal ini terjadi dikarenakan matahari terbenam pada pukul 10 malam, jadi waktu berbuka puasa di Eropa adalah jam 9 – 10 malam. Dikarenakan kita diharuskan mengikuti standar waktu terdekat dari tempat kapal pesiar kita berlayar, kru juga mengikuti waktu berbuka puasa sesuai dengan negara terdekat.

 

 




 

 

Meskipun demikian, puasa selama 17 jam di Eropa tidak serta merta menurunkan semangat berpuasa Ramadhan bagi kru kapal pesiar muslim. Banyak yang berpuasa dan menutup bulan Ramadhan dengan puasa Full 1 bulan penuh. Pengalaman berpuasa dan menjalani bulan Ramadhan di Eropa memang tidak tergantikan. Setelah Bulan Ramadhan selesai, hari kemenangan terasa sangat berarti.

 

Baca Juga : Suasana Lebaran di Kapal Pesiar, Lebaran Kru Kapal Pesiar di Kapal Pesiar Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *