tahapan bekerja di kapal pesiarTahapan dan Prosesurutan melamar kerja kapal pesiar

Dokumen Kapal Pesiar, Pembuatan Crowd and Crisis Management (CCM),dan Security and Safety Awareness Training (SSAT)

Pelabuhan Kapal Pesiar di Italia

Pada menu Tahapan dan Prosedur bekerja di kapal pesiar ini, kita akan membahas tahapan awal hingga tahapan akhir proses melamar kerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar. Pada tahap ini kita akan membahas dan mengulas proses pembuatan Crowd and Crisis Management (CCM),dan Security and Safety Awareness Training (SSAT). Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas Proses Pembuatan Basic Safety Training (BST). Proses mencari CCM dan SSAT harus diawali dengan proses mencari BST terlebih dahulu, dikarenakan untuk membuat CCM dan SSAT anda diharuskan memiliki sertifikat BST terlebih dahulu.

 

Pelatihan CCM lebih kepada crowd management atau bagaimana cara menangani situasi berbahaya dan kepanikan. Kepanikan merupakan ancaman yang cukup berbahaya jika anda bekerja pada sebuah kapal pesiar. Lingkungan yang sempit dengan ribuan orang di dalam sebuah kapal pesiar terkadang membuat orang takut dan mudah panik apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kebakaran atau kapal oleng.

 

Pada pelatihan CCM anda diajarkan untuk tetap tenang dalam mengatasi situasi genting dan kepanikan. Menangani situasi dengan kepala dingin membuat kita dapat berpikir jernih dan logis sehingga memperbesar kemungkinan kita selamat dari situasi berbahaya.

 

Pelatihan CCM berlangsung hanya 1 hari dan biasanya akan berlanjut setelah anda menyelesaikan pelatihan BST (jika anda mengambil dokumen BST dan CCM sekaligus). Jika anda membuat 2 dokumen ini sekaligus anda akan menerima dokumen BST dan CCM secara bersamaan.

 

 




 

Proses pembuatan Dokumen ini berbeda – beda tergantung tempat dimana anda mengambil pelatihan. Di Pertamina MTC seperti yang saya lakukan beberapa tahun lalu, dokumen saya dapat langsung diambil dalam waktu dekat setelah saya menyelesaikan pelatihan. Beberapa instansi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menerbitkan dokumen ini.

 

Selanjutnya pada artikel ini kita akan membahas tentang dokumen Securty and Safety Awareness Training atau SSAT. SSAT seperti namanya, merupakan pelatihan mengenai keamanan dan keselamatan, yang juga merupakan elemen penting dalam bekerja pada sebuah perusahaan kapal pesiar.

 

Pada pelatihan ini kita diajarkan pentingnya menjaga keselamatan di sebuah kapal, kita ditunjukkan beberapa situasi berbahaya yang sangat mungkin terjadi pada sebuah kapal. Situasi berbahaya pada sebuah kapal dapat disebabkan oleh 3 faktor, yakni faktor alam, faktor kesalahan teknis dan faktor kesalahan manusia.

 

 




 

 

Faktor alam seperti badai dan ombak tinggi merupakan ancaman berbahaya pada sebuah kapal. Selain itu terdapat juga faktor teknis seperti mesin yang rusak, generator yang terbakar, dll. Yang terakhir adalah faktor kesalahan manusia yang juga merupakan penyebab banyak peristiwa yang mengancam keselamatan seluruh penumpang kapal, seperti beberapa kasus kapal yang bertabrakan, kapal yang sengaja dibakar oleh seseorang dan lain sebagainya.

 

Pelatihan SSAT berlangsung 3 hari, yang terdiri dari 2 hari teori tertulis dan 1 hari teori yang diikuti dengan praktek penanganan prosedur keselamatan. Dokumen SSAT anda akan jadi dalam beberapa hari setelah anda menyelesaikan pelatihan. Ada beberapa tempat rujukan pembuatan SSAT yang bisa anda jadikan referensi. Selain di Pertamina MTC anda dapat membuat SSAT di Fokus Maritime Training Centre di Jakarta atau tempat – tempat lain di kota anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *