buku harian pelautcatatan pekerja kapalCruise Ship Black Booksisi lain pekerja kapal

Benarkah Seseorang yang Bekerja di Kapal Pesiar Dekat Dengan Minuman Keras ?

Kehidupan Kru kapal pesiar

Menu Cruise Ship Black Book ini membahas sisi lain dari kehidupan seseorang yang bekerja di kapal pesiar di luar negeri. Cruise Ship Black Book berisi infomasi mengenai seluk beluk bekerja di sebuah perusahaan kapal pesiar dari sisi lain yang jarang dibahas dan dilihat oleh orang lain. Pada artikel ini kita akan membahas paradigma yang ada di masyarakat mengenai seseorang yang bekerja di kapal pesiar, dekat dengan minuman keras.

 

 

Kehidupan Kru kapal pesiar
Kehidupan Kru kapal pesiar

 

Bekerja dan tinggal di kapal pesiar, yang didominasi oleh tradisi kehidupan barat memang sedikit menggoda dan menantang bagi kru kapal yang berasal dari wilayah timur seperti Asia dan Indonesia. Gaya hidup bebas dunia barat memang kental terasa di lingkungan kerja kapal pesiar. Party sering sekali dilakukan di atas kapal pesiar untuk merayakan event – event tertentu.

 




Dulu seseorang yang bekerja di kapal pesiar akan identik dengan seseorang yang suka minum minuman keras, mabuk, bahkan bermain wanita. Namun sekarang ini paradigma tersebut sudah tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian ?

 

Kebijakan Baru Perusahaan Kapal Pesiar. Sekarang ini perusahaan kapal pesiar sudah sangat ketat dalam menetapkan beberapa peraturan – peraturan baru di kapal pesiar. Salah satu diantaranya adalah No Alcohol Allowed atau dilarang mengonsumsi alkohol. Kebijakan ini muncul setelah banyak sekali kru yang berulah dan menjadi tidak terkendali dalam keadaan mabuk, baik saat bekerja maupun saat sedang tidak bekerja. Hal ini yang memicu perusahaan kapal pesiar mengeluarkan kebijakan No Alcohol.

 

Kebijakan ini didukung penuh oleh seluruh departemen di kapal pesiar. Kebijakan ini direalisasikan dengan dihapuskannya minuman mengandung alkohol di Kru Bar atau Bar Khusus Kru Kapal. Dengan begitu kru kapal pesiar, tidak akan mendapatkan akses untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

 




Inspeksi dan Tes Urine Mendadak. Hal yang satu ini adalah salah satu penyebab banyaknya kru kapal pesiar yang dipulangkan secara paksa dikarenakan kedapatan mengonsumsi minuman beralkohol. Tes ini benar – benar dilakukan secara acak dan mendadak tanpa diketahui oleh kru – kru kapal. Apabila seorang kru kedapatan mengonsumsi alkohol, kru tersebut akan langsung dipulangkan hari itu juga.

 

Alasan dibalik dilarangnya minuman beralkohol di kapal pesiar, juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Pertama alkohol menimbulkan banyak permasalahan di kapal pesiar. Seorang kru yang mabuk sering berbuat onar dan keributan yang hanya disebabkan oleh permasalahan yang sepele. Alkohol juga sering menjadi penyebab terjadinya sexual harrasment atau pelecehan seksual di kapal pesiar, yang akan berujung dengan dipulangkannya kru yang bersangkutan.

 




 

Meskipun hidup dengan gaya hidup barat, namun pekerja kapal pesiar tetaplah seseorang yang tinggal dan harus tunduk pada peraturan perusahaan kapal pesiar. Peraturan – peraturan di kapal pesiar diciptakan untuk benar – benar dipatuhi dan tidak akan ada kompromi bagi seorang kru yang melanggar peraturan – peraturan tersebut. Kru akan dipulangkan, bahkan dipecat dari perusahaan kapal pesiar, dan di blacklist di seluruh perusahaan kapal multinasional apabila melakukan pelanggaran – pelanggaran terhadap peraturan – peraturan di kapal pesiar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *